Manfaat Buah Jeruk Limau Bagi Kesehatan dan Kecantikan dan Pengaplikasiannya



 Halo Pejuang Rasa!

Dunia buah-buahan seringkali dijadikan bahan alami untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah ataupun bagian tubuh lainnya. Buah-buahan yang sering digunakan di antaranya, buah alpukat, bengkuang, jeruk nipis, jeruk limau dan lain-lain. Buah-buahan tersebut digunakan karena kandungan yang ada di dalamnya yang dapat membantu dalam proses merawat wajah dan tubuh. Jeruk limau adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan untuk merawat wajah dan tubuh lainnya. Jeruk limau dalam bahasa Internasionalnya disebut “citrus”. Jeruk limau ini berbeda dengan buah jeruk umumnya, karena jeruk limau ini tidak bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Jika ingin dikonsumsi, jeruk tersebut harus dicampurkan dengan bahan lain. Jeruk limau juga sering disamakan dengan jeruk nipis karena bentuknya yang sama. Namun ternyata jeruk limau mempunyai ciri khas tersendiri yaitu mempunyai rasa asam yang sangat luar biasa.
Kandungan nutrisi jeruk limau di antaranya, karbohidrat, protein, serat, kalori dan air sari. Dan buah ini juga mempunyai kandungan sodium sebanyak 1 Mg dalma 31 Gram air sari buah jeruk limau. Buah ini juga mempunyai berbagai macam jenis vitamin penting seperti vitamin k, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan kolin. Selain itu juga mempunyai kandungan minerla yang sangat penting bagi tubuh.
Berikut adalah manfaat jeruk limau baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan wajah, yaitu sebagai berikut:
1.     Menyembuhkan sariawan

Manfaat jeruk limau adalah salah satu obat sariawan dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya. Berikan setetes air jeruk limau pada area yang terkena sariawan, maka sariawan tersebut akan segera sembuh.

2.     Menghilangkan flek hitam di area wajah

Potong jeruk limau menjadi dua bagian, lalu peras airnya. Kemudian oleskan air perasan tersebut ke area flek hitam dan diamkan selama 15-30 menit. Dan jangan lupa cuci wajah anda dengan air bersih setelahnya. Dan hindari kontak langsung dengan matahari ketika menggunakan air perasan jeruk limau tersebut.

3.     Mencerahkan wajah

Jeruk limau mempunyai kandungan anti bakteri dan anti kuamn yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Akan tetapi anda harus tetap behati-hati agar air jeruk tersebut tidak terkena mata.

4.     Menghilangkan bekas jerawat

Seringkali bekas jerawat merusak percaya diri anda untuk tampil di depan umum. Jeruk limau dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan melakukan langkah-langkah yang sama ketika menghilangkan flek hitam.

5.     Membantu menuruhnkan berat badan

Buah jeruk limau ini sangat baik dikonsumsi baik anda yang sedang menjalani progaram diet. Namun harus tetap dipadukan dengan pola hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.
 
6.     Membantu menghilangkan jerawat

Cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan sari jeruk limau dan madu. Kemudian adukalah higga merata. Lalu oleskanlah pada area wajah yang berjerawat. Tunggulah beberapa menit. Setelah kering, maka bilaslah menggunakan air bersih. Lakukanlah secara rutin utnuk memperoleh hasil yang maksimal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perempuan; Sebuah Permulaan

[1] Gelap?

[2] Bahagia?