Kapan?



"Kapan?" adalah pertanyaan tersensitif untuk usia berkepala dua. Ga percaya? Buktiin aja sendiri. 

Dulu sewaktu kecil, masih imut, masih suka ngala tutut di sawah, masih sering tebar pesona sana sini, masih sering nurut, aku sering banget denger pertanyaan yang simpel tapi orang yang ditanya gabisa jawab pake kata-kata, biasanya mereka jawab dengan senyuman pasinya. Aku ga paham sih kenapa kayak gitu dan kenapa orang suka sekali bertanya seperti itu. Karena saat itu aku hanya sebagai penonton. Ya, ibaratkn nonton tv lah, liat adegan percakapan tapi otak mikir keras mempertanyakan. Kadang aku mikir, masa iya sih pertanyaan yang diawali kata "kapan" itu emang bener-bener sensitif, ah itu mah cuma baper aja kali. Eh taraaaa, sekarang aku tau gimana rasanya. 

Dan yang lebih aneh lagi, pertanyaan kayak gitu tuh sering banget muncul pas di momen-momen kumpul-kumpul kayak lebaran, syukuran atau nikahan. Kayak ga ada topik pembicaraan lain aja, iya ga sih? Maen ke rumah si A ditanya kapan ini, kapan itu. Maen ke rumah Si B, sama aja. Sampe-sampe aku mikir kayaknya pertanyaan "kapan" tuh trending terus deh. Dan yang lebih konyol lagi, pertanyaan kayak gitu tuh seakan-akan disebarkan secara turun temurun, mulai dari zaman aku kecil sampe zaman aku gede, ga pernah ganti selalu jadi trending topik bingiiit. Duh duh miris bingiiit siiiih. 

Jadi sosok berkepala dua emang ga mudah terlebih lagi harus ngadepin pertanyaan kayak gitu tiap waktu. Dan emang bener sih jadi orang yang ditanya kayak gtu, emang paling males jawab, karena ujung"nya pasti ngasih saran yang belum tentu sarannya nyaman buat dilakuin. Pantesan jalan ninjanya cuma senyum dengan menunjukkan deretan gigi serapi mungkin. Ya begitulah😁

Terlepas dari itu semua. Sebenarnya setiap orang punya hak untuk bertanya apa pun kepada orang lain. Tapi jika dilihat dari sisi etika sih, ada beberapa hal yang kurang bagus lah untuk ditanyain ke orng lain apalagi masalah pribadi. Sudah tau setiap manusia itu beda, nah dan sudah seharusnya untuk saling memahami. Jangan kebangetan egois pengen dipahami terus tapi ga mau berusaha paham sama keadaan orang lain. Jadi untuk kita semua yang mulutnya gabisa diem, sukanya ngritik dan lain-lain, untuk ke depannya tolong lebih hati-hati lagi ya dalam berbicara apalagi bertanya hal-hal yang sensitif. Katanya pengen dihargain, ya belajar menghargai juga dong yaa. Yuhuuu🚀


#Healing 

#IsiHati 💓 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perempuan; Sebuah Permulaan

[1] Gelap?

[2] Bahagia?