Pengantar Kandungan Surat Al-Kahfi



foto: islamedia.id

Alquran merupakan firman Allah yang mempunyai banyak keistimewaan, salah satunya adalah mempunyai rahasia di setiap ayat, surat dan bagian lainnya. Penulis tertarik untuk menelisik lebih jauh rahasia-rahasia yang terkandung di dalam Alquran, salah satunya yaitu surat al-Kahfi dengan pendekatan kitab Tafsir Surat al-Kahfi karya Syeikh Muhammad Mutawalli al-Sya’rawi.

Surat al-Kahfi merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam Alquran. Surat tersebut mengandung banyak makna dan rahasia di dalamnya. Salah satunya yaitu adanya sebuah kisah orang-orang yang namanya dirahasiakan oleh Allah. Kisah yang terdapat di dalam Alquran tersebut merupakan sebuah kisah yang mengandung hikmah, bukan sekadar kisah biasa.

Contoh kisah yang mengandung hikmah di dalamnya yaitu kisah Nabi Musa dan Fir’aun. Alquran tidak hanya menyebutkan siapa Fir’aun yang dimaksud, jaman dan masa apa, tetapi Alquran memberikan penjelasan bahwa setiap manusia harus beribadah di muka bumi dan setiap manusia yang zalim seperti yang dilakukan oleh Fir’aun yaitu mengubur bayi laki-laki dan kezaliman lainnya, pasti akan mendapatkan akhir yang menyedihkan. Alquran juga menegaskan bahwa “setiap zaman/masa terdapat Fir’aun di dalamnya”. Kita sebagai manusia yang berakal harus bisa memetik hikmah dari sebuah kisah bahwa “setiap orang zalim akan berakhir menyedihkan dan memperoleh azab yang menyakitkan di akhirat”.

Contoh kisah lain yang berbeda dengan kisah di atas namun mempunyai makna dan rahasia di dalamnya yaitu kisah Dzulkarnain, seorang pemuda saleh yang Allah tambahkan kesalehannya. Allah tidak menyebutkan Dzulkarnain yang berasal dari suatu tempat seperti Dzulkarnain dari Habasyah atau Dzulkarnain dari Yaman, dikarenakan Allah ingin menegaskan bahwa “orang saleh yang mencegah kezaliman dan menolong orang yang lemah, akan Allah tambahkan apa yang dimilikinya dan kesalehannya”.

(Inti sari terjemahan kitab surat al-Kahfi halaman 4-5 )

Dari uraian tersebut, kita dapat mengambil hikmah bahwa setiap kisah mempunyai rahasia tersendiri di dalamnya. Dan hal yang harus diingat setiap apa yang dilakukan oleh kita di muka bumi baik itu kebaikan atau keburukan, akan ada balasan atau pahala setelahnya baik yang diberikan langsung ketika kita hidup di dunia atau ditangguhkan untuk di akhirat. Dikarenakan Allah adalah Tuhan yang Maha Adil. Selain itu, kita harus yakin bahwa setiap benih kebaikan yang kita tabur di muka bumi, akan tumbuh oleh izin-Nya yang akan membuat hidup kita berkah. Begitu pun sebaliknya, setiap benih keburukan yang kita tabur di muka bumi, akan tumbuh dan merugikan diri sendiri dan orang lain.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mari saling mengingatkan. Mari saling tebar kebaikan!
Selamat berakhir pekan kawan-kawan. Semoga akhir pekan kalian menyenangkan.


Komentar

  1. Alhamdulillah. Sangat memberikan pelajaran. Ditunggu tulisan ilmiah lanjutannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perempuan; Sebuah Permulaan

[1] Gelap?

[2] Bahagia?